Karya Tulis Ilmiah



Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Konsumen di Warung Bakso Pak Pardi Bago Tulungagung

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG PRODI DIII GIZI
Pengarang : TITIS DWI LARASATI
Dosen Pembimbing : Pembimbing Utama : Sri Endang Surawati, Pembimbing Pendamping Bachyar Bakri .
Klasifikasi/Subjek : , Gizi,makanan,pelayanan
Penerbitan : , Malang: 2013.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-33-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAKSI Titis Dwi Larasati (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Konsumen Di Warung Bakso Pak Pardi Bago Tulungagung. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi D-III Gizi Malang, Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing Utama : Sri Endang Surawati, Pembimbing Pendamping Bachyar Bakri . Warung Bakso Pak Pardi Bago Tulungagung merupakan institusi yang menyelenggarakan makanan komersial dengan sistem pelayanan table sevice. Setiap harinya konsumen yang datang sebanyak 300 orang yang rela mengantri dibandingkan membeli di penjual bakso disekitarnya. Warung ini buka dari tahun 2003 dan buka setiap hari untuk melayani pembeli yang datang. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan desain cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 168 orang konsumen yang memenuhi kriteria sampel. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2013. Data yang dikumpulkan meliputi gambaran umum warung, gambaran umum reponden, penilaian konsumen terhadap kualitas makanan, penilaian konsumen terhadap harga makanan, penilaian konsumen terhadap karakteristik pelayanan, penilaian konsumen terhadap fasilitas fisik, pengaruh kualitas makanan, harga, pelayanan, dan fasilitas fisik terhadap tingkat kehadiran konsumen. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis kemudian disajikan dalam bentuk tabel, pie chart dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian konsumen terhadap kualitas makanan menyatakan sebanyak 73,2% konsumen menyatakan sangat enak dan penilaian konsumen terhadap harga 70,2 % konsumen menyatakan sangat sesuai. Karakteristik pelayanan sebanyak 39,9 % konsumen menyatakan sangat sesuai dan 60,1 % konsumen menyatakan sesuai serta fasilitas fisik 6,6 % konsumen menyatakan sangat baik, 71,5 % konsumen menyatakan baik. Hasil analisis statistik menunjukan bahwa ada pengaruh kualitas makanan dan fasilitas fisik namun tidak ada pengaruh dari harga dan karakteristik pelayanan terhadap tingkat kehadiran konsumen. Untuk faktor yang berpengaruh pada kualitas makanan adalah aspek suhu, aroma makanan, bumbu dan tingkat kematanagan bakso. Untuk fasilitas fisik yang paling berpengaruh adalah tempat yang strategis sehingga mudah dijangkau dan tempat parkir yang luas. Namun masih ada dari aspek fasilitas fisik yang dinilai kurang oleh konsumen yaitu fasilitas cuci tangan seperti adanya sabun cuci tangan dan lap, kamar kecil (toilet), dan sarana hiburan seperti musik. Sehingga diharapkan untuk fasilitas fisik seperti tempat cuci tangan, kamar kecil (toilet), dan sarana hiburan musik diperbaiki agar lebih terlihat menarik minat pembeli. Kata Kunci : Kualitas Makanan, Harga Makanan, Karakteristik Pelayanan, Fasilitas Fisik



Lampiran